Bukit Scooter Dieng

Ditulis oleh : aftonhomestay Pada 12 Mei 2018

Bukit Scooter Dieng (aftonhomestay.com) – Pariwisata Dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateau) makin hari makin berkembang. Beberapa tahun belakangan ada beberapa obyek wisata yang dibuka oleh Dinas Pariwisata Jawa Tengah dibantu Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Pandawa Dieng dan masyarakat Dieng. Salah satunya adalah obyek wisata Bukit Scooter Dieng atau Bukit Skooter yang dibuka awal tahun 2016. Bukit Scooter Dieng merupakan obyek wisata alam berupa bukit kecil yang letaknya sangat strategis untuk menyaksikan lanskap pemandangan Dataran Tinggi Dieng yang indah.

Berada di ketinggian 2200 mdpl, Bukit Scooter menjadi tempat favorit para wisatawan menghabiskan waktu menikmati indahnya Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng. Dari atas Bukit Schooter wisatawan bisa melihat telaga-telaga Dieng, bukit-bukit kecil yang hijau, kawah-kawah yang mengepul, candi-candi yang antik, pemukiman penduduk dengan mesjid-mesjid berkubah indah, serta lahan-lahan pertanian sayur yang berjenjang dikelilingi gunung-gunung tinggi menjulang yang diselimuti kabut. Lanskap pemandangan Dataran Tinggi Dieng dari ketinggian inilah yang membuat Bukit Scooter kian hari kian ramai dikunjungi wisatawan.

Seperti obyek wisata gunung atau bukit lainnya, yang diburu wisatawan dan pecinta fotografi adalah penampakan sunrise. Jika cuaca di pagi hari cerah dan tidak terlalu berkabut wisatawan bisa menyaksikan sunrise menyembul yang menghasilkan gradasi warna yang menkajubkan. Jadi, tidak heran banyak wisatawan yang pergi jogging ke puncak Bukit Scooter.

Pada siang hari di saat kabut tidak terlalu tebal dan cuaca sedang cerah, dari Bukit Scooter wisatawan akan disuguhkan deretan gunung-gunung di Jawa Tengah yang tinggi menjulang. Sebagian besar gunung-gunung tersebut masih aktif. Gunung-gunung yang bisa dilihat diantaranya Gunung Sindoro, Gunung Slamet, Gunung Pangonan, Gunung Pakuwaja, Gunung Prau, Gunung Sipandu, Gunung Bisma. Selain deretan gunung yang memagari Dieng Plateau, saat cerah wisatawan juga bisa melihat Laut Jawa di arah selatan. Sungguh pemandangan yang menakjubkan. Apalagi saat sore hari di saat matahari mulai beranjak ke peraduannya atau diistilahkan dengan sunset.

Obyek wisata Bukit Scooter tidak hanya ramai di siang hari, namun dari sore hingga malam hari pun wisatawan masih memenuhi puncak Bukit Scooter. Sebenarnya apa yang dicari wisatawan di Bukit Scooter pada malam hari. Ya, apalagi kalau bukan taburan bintang di langit Dieng yang sangat mempesona. Pemandangan taburan bintang atau Milkyway di langit Dieng yang bersih ini membuat Bukit Scooter dijuluki “Bukit Bintang”. Wisatawan rela mendaki bukit dan menahan hawa dingin karena tidak ingin melewatkan pemandangan menakjubkan ini. Untuk menikmatinya pengelola obyek wisata ini menyediakan gazebo-gazebo beratap unik. Wisatawan mana yang ingin melewatkan pengalaman duduk di gazebo sambil menikmati Milkyway ditemani secangkir kopi hangat di Bukit Scooter?

Jalur akses menuju Bukit Scooter sangat mudah karena jalannya melewati pemukiman penduduk. Bukit Scooter terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjar Negara, Jawa Tengah. Lebih tepatnya berada di sebelah utara obyek wisata Candi Arjuna. Untuk menuju kaki bukit hanya berjarak 1 km dari jalan utama Desa Dieng Kulon atau sekitar 20-menit berjalan kaki. Dari kaki bukit hanya dibutuhkan waktu sekitar 5 menit menuju puncak melewati jalan setapak menanjak. Memasuki Kawasan Obyek Wisata Bukit Scooter hanya dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp. 5000, – per orang. Jika ingin berlama-lama di Bukit Scooter disarankan untuk menginap di penginapan yang tersedia di sekitar Bukit Scooter. Penginapan-penginapan Dieng ini sangat terjangkau. Penginapan tersebut dikelola oleh masyarakat sekitar yang terkenal dengan keramahannya. Mudah dan murah sekali bukan?